Thursday, August 18, 2016

Travelling to Lombok Island

Ayo wisata ke Lombok

Hai semua....

Kali ini saya akan bagikan pengalaman saya travelling ke Lombok Island. Yup, Lombok adalah salah satu pulau yg indah, banyak pantai yg bersih, pilihan kedua turis mancanegara selain ke Pulau Bali.
Tepatnya tgl 10-13 Agust'16, saya mengunjungi Pulau Lombok. Di sana selain utk liburan, saya juga mengunjungi mama dan adik saya yg bekerja di sana juga sudah menjadi penduduk tetap di sana. Aslinya keluarga saya semua org Semarang asli. Namun adik saya lulus dr SMK langsung bekerja dan merantau dr Surabaya, Bali dan akhirnya Lombok menjadi tempat pilihan nya terakhir utk bekerja.

And the story goes...
Tgl 10 saya berangkat menggunakan pesawat Wings dan Lion, yg mana waktu itu menjadi pilihan saya krn paling murah tentunya, mengingat saya berangkat bertiga (saya dan 2 anak) jadi lebih baik cari yg murah spy gak berat di ongkos, itu aja pp bertiga 4,2jutaan, lumayan kan.. hehe... 😂
Suami saya tdk ikut krn dia harus ke Jakarta utk bekerja (ada training produk dan visit GIIAS 2016).
Ini pengalaman pertama kali saya naik Wings air, yg mana pertama kali mencoba lgs kena delay 😔 jadwal berangkat pesawat jam 12 siang kemudian transit di Juanda Surabaya 2 jam jadi harusnya sampai Lombok jam 5 sore jadi buyarrr.. Jadi akhirnya saudara-saudara jadwal berangkat pesawat jadi jam 3 sore, transit di Juanda sejam, akhirnya sampai Lombok jam 8 malam.. haha... tp gak masalah, saya gak mengeluh dan tdk menyalahkan pihak Wings air, saya maklum aja toh murah jd apa rugi nya (hemat beib) klo pgn pelayanan bagus, on time ya pilihlah yg paling mahal jd klo delay anda bisa puas komplain. Tp kalau buat saya selama hidup ini (cieee... kayak apa aja), pedoman saya ada harga ada rupa, dah gitu aja.. anyway mari lanjut cerita nya...
Sampai Lombok Praya Airport jam 8 malam lebih di jemput oleh adik dan mama saya kemudian di ajak makan nasi balap puyung khas Lombok, ini penampakan nya

Nasi puyung ini isinya suwiran ayam, kacang panjang, abon dr sapi yg kering, ayam kampung, sambal terpisah. Sumpah sambal nya pedes sekali, mantap pokok nya. Nasi ini bisa di dapatkan dgn harga mulai 13rb-16rb tergantung isi nya ya, kalau pakai ayam kampung lebih mahal. Bagi yg suka pedes wajib coba, di sini jg ada menu plecing kangkung khas Lombok yg pedes jg, saya mau coba gak berani krn ini aja dah pedes. Juga krn sudah malam, kalau malam jalanan sekitar bandara sepi jadi rawan bahaya, maka kami memutuskan makan cepat-cepat sehingga cepat sampai ke tempat adik dan mama saya. Perjalanan dari bandara ke tempat adik saya sekitar 1 jam.
Sampai tempat adik saya, saya dan anak-anak langsung mandi dan tidur, krn capek...  juga mempersiapkan energi utk besok harinya jalan-jalan (iyesss).

Hari kedua, kami keluar sekitar pukul 9 pagi. Lalu adik mengajak saya makan dulu. Dimana menu nya kali ini Warung Babi Riki, saya mohon maaf bagi yg muslim, saya cm berusaha jujur saja dgn tulisan saya. Ini penampakan nya :

Isinya ada sate babi, murah harga nya 3rb per tusuk. Ada kuah terbuat dr balung babi jd lemaknya banyak sekali, ada sayur kelapa dan daun singkong yg pedas. Rasanya enak sekali. Selesai makan kami langsung cuss menuju tempat berikut nya yaitu Sasak Village.
Sebagai informasi suku asli pulau Lombok bernama suku Sasak, bahasa nya jg di namakan bahasa Sasak, agama mayoritas adalah Muslim. Menurut saya bahasa Sasak agak mirip dgn Bahasa Jawa. Misal nya nih utk menanyakan harga berapa, kalau org Jawa biasa bertanya 'piro?', nah kalau bahasa Sasak nya 'pire?', mirip sekali bukan. Pertama kali dtg ada gapura bertuliskan Welcome to Sasak Village, di bawah ini ada penampakan nya :

Itu adalah foto saya, anak saya dan mama saya. Yg datang ke Sasak Village ini beragam, ada turis bule, dr Jepang/Korea/China saya krg tau krn mirip 😂
Di sini ada seorang pemandu yg akan menjelaskan ttg Suku Sasak, bahasa, kebudayaan, bentuk rumah adat mereka, kemudian para gadis Suku Sasak yg pandai menenun, dr sejak usia mereka 9th mereka sudah di ajarkan utk menenun. Di sana ada satu tradisi yg unik yakni apabila Pria ingin menikah dgn seorang wanita maka pria tersebut akan menculik wanita nya terlebih dahulu pada malam hari dan tdk terlihat oleh siapapun, setelah beberapa hari maka kerabat dr keluarga pria akan mengirimkan utusan utk memberitahukan kepada keluarga si gadis bahwa anak gadis nya telah di culik. Setelah semua proses sudah dilalui maka terjadilah pernikahan.
Oya di sini juga byk yg berjualan souvenir yg cantik mulai dr gelang mutiara Lombok, kalung dreamcatcher, kain tenun, dsb. Berikut foto-foto saya selama berada di Sasak Village sebagai gambaran lengkap nya

Oya rumah adat Suku Sasak ini jg unik, cara mereka mengepel rumah menggunakan kotoran kerbau, sebagai pengganti semen supaya lantai nya semakin kuat dan keras.
Di Sasak Village ini saya membeli beberapa souvenir seperti kalung dreamcatcher, anting mutiara Lombok, gelang dan cincin mutiara. Oke sekian dr Sasak Village, next trip kita menuju ke Pantai Kuta Lombok. Sebenarnya saya tdk begitu suka pantai krn panas dan bikin gosong tp buat apa ke Lombok kalau tdk lihat pantai nya 😂 oke utk perlindungan saya menggunakan Vaselin Healthy Sunblock SPF 30. Tekstur lotion ini berwarna putih dan agak kental, cukup utk di gunakan apabila bepergian ke pantai, harga nya jg murah, saya beli di Carrefour hanya seharga 30rb an saja isi 100ml. Pas di pakai awal nya agak berat tp lama-lama menyerap dan gak lengket, kulit jadi halus dan terlindungi, wangi nya jg lembut gak bikin eneg

Baik ini lah foto-foto di Pantai Kuta :

Utk trip berikut nya kami pergi melihat Pantai Tanjung Aan dan Pantai Selong Belanak

Demikian cerita utk hari pertama kedua di Lombok, utk hari ketiga dan keempat kami pergi ke Gili Trawangan yg bisa di baca di post berikutnya.